Dapatkan Mesej Bergambar di Sini

Jumat, 17 April 2009

Mengenal diri lewat kecilnya Atom (I)


Bismillahirrahmanirrahim.

Teman-teman pernah dengarkan tentang atom? Bukan kacang atom yang sering dimakan itu lho...tapi ini atom yang sering kita dengar dari pelajaran kimia. Kalau belum pernah dengar dan belum tau...saya kasih bocorannya ya...

Atom itu merupakan satuan yang amat dan paling kecil dalam setiap bahan yang ada di sekitar kita. Istilah Atom pertama kali di ungkap oleh orang tempoe duloe nan jauh disana lho,,namaya Democritus yang berasal dari kata a=Tidak dan tomos=Potong/bagi yang artinya satuan terkecil yang tidak dapat dibagi-bagi lagi. Jadi kata kakek kita itu, atom itu benda yang paliiiinnnnggggg kecilll sekali...yang tidak dibagi-bagi lagi alias tidak dapat dilihat lagi walau menggunakan mikroskop secanggih apapun....

Nah, temen-temen karena yang malihat atom itu kita, maka jelaslah kita tak dapat melihatnya... jadi siapa yang bisa melihatnya.... ya Allah SWT yang telah menciptkan atom itu sendiri. Sebenarnya diri kita ini seperti atom juga, coba kalau kita melihat temen yang ada disamping kita, pasti kita dapat melihatnya. Tapi coba suruh temen kita pergi beberapa kilo saja dari kita, kalau dia melihat kita pasti ngak keliat, trus kalau temen kita melihat kita dari ruang anggkasa, jelas ngak akan pernah keliat. Apalagi kalau temen kita itu berpindah galaksi, bahkan matahari yang segede itupun ngak bakal keliat ama dia.

Jadi kesimpulannya, kita yang diciptakan oleh Allah SWT yang berada dimuka bumi ini tiada artinya jika dibandingkan dengan ciptaan AllahSWT berupa alam semesta ini, mulai dari yang paling kecil dari yang paling besar. Ada bumi, kemudian ada planet-planet lain, matahari yang besar, kemudian ada berjuta-juta matahri lainnya berupa bintang, bintang-bintang itu berkumpul membentuk galaksi, nah galaksi itu jumlahnya juga jutaan bahkan miliaran. Pertanyaan dimanakah kita? Jika ada temen-temen kita yang merasa bangga, merasa hebat dari orang lain bahkan ada yang merasa hebat dari Allah SWT, la kok ada yang merasa hebat dari Tuhan ya? Banyak sekarang temen-temen, buktinya dia membantah dan meninggalkan apa yang telah disuruh oleh Allah SWT. Contohnya aja Sholat lima waktu, masih banyak yang bolong-bolong, padahal Allah nyuruh kita itu karena Allah SWT tau apa yang terbaik untuk kita. Buktinya hasil penelitian, Sholat itu bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Jadi jika ada temen-temen yang ninggalkan sholat dengan sengaja berarti kita telah merasa hebat dari Allah SWT. Padahal kita ini kacil tak terlihat seperti Atom tadi.

Jadi apa yang harus kita lakukan...? Mari kita kenali diri kita ini. Kita ini kecil sekecil atom jika dibandingkan dengan alam semesta. Tapi diri kita ini akan sangat berarti bagi Allah SWT jika kita tahu peran apa yang harus kita lakukan didunia ini. Apa yang telah Allah SWT perintahkan kepada kita mari kita jalanin temen-temen dan apa yang telah dilarang oleh Allah SWT mari kita tinggalkan. Sepakat...??? so pasti ya. Dengan bagitu kita akan menjadi manusia yang kecil tak terlihat seperti atom, tapi akan akan menjadi dahsyat bahkan mengalahkan kebesaran dari besarnya galaksi jika kita taat pada Allah SWT. Selamat berjuang......

Ketahuilah sesungguhnya kepunyaan Allahlah apa yang di langit dan di bumi. Sesungguhnya Dia mengetahui keadaan yang kamu berada di dalamnya (sekarang). Dan (mengetahui pula) hati (manusia) dikembalikan kepada-Nya, lalu diterangkan-Nya kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan. Dan Allah Maha mengehui segala sesuatu. (An-Nuur : 64)

Anda bukanlah manusia yang sempurna, anda hanya manusia biasa, tapi anda akan menjadi manusia yang luar biasa jika anda tahu bagaimana dan bekerja seoptimal mungkin untuk menjadi manusia yang sempurna. (Hadian Taufiq)

2 komentar:

  1. "Dan orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad pada jalan Allah (untuk membela Islam) dan orang-orang (Ansar) yang memberi tempat kediaman dan pertolongan (kepada orang-orang Islam yang berhijrah itu), merekalah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka beroleh keampunan dan limpah kurnia yang mulia." (Al-Anfaal 8:74)

    Salam ziarah dari saya,,blog yang menarik ,jemput muzakarah di blog saya....dan jadikan blog saya sebagai rakan anda..tq

    BalasHapus
  2. salam juang..benar..sekecil2 atom mampu memainkan peranan dgn baik dimuka bumi ini..bahkan alam semesta hendaknya..
    cuma yg dijadikan khalifah dimuka bumi selalu alpa..inshaAllah dengan adanya iman n akhlak yg baik mampu mengingatkan diri kita akan peranan dimuka bumi..

    BalasHapus